5 Tips Menata Ruang Makan agar Terlihat Lebih Luas

Sebagai salah satu ruangan yang paling penting di rumah, keberadaan ruang makan menjadi wajib diperhatikan. Bukan hanya masalah desain, scheme warna, konsep, sampai dekorasi untuk ruang makan harus dipilih secara saksama, apalagi jika rumah tersebut memiliki ruang yang sempit.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Dekoruma, berikut desain untuk membuat ruang makan menjadi terlihat lebih luas dan minimalis.

Manfaatkan Dinding Secara Maksimal di Ruang Makan

Maksimalkan dinding dengan memberikan hiasan-hiasan yang simpel dan jangan terlalu berlebihan, karena malah akan membuat ruangan terlihat kecil. Selain rak, memberikan dekorasi pada dinding juga bisa mengoptimalkan desain ruangan.

Kita bisa menambahkan hiasan dinding favorit, lukisan, atau lampu dinding untuk kesan ruang makan yang hangat.

Cobalah untuk Menggunakan Meja Berbentuk Bundar

Meja makan merupakan barang wajib yang ada di ruang makan, namun dalam pemilihannya tidak boleh sembarangan.

Kita harus memperhatikan bentuk dan material meja makan itu sendiri, juga harus tahu betul jenis meja makan yang cocok dengan ruangan. Dalam hal ini, meja makan berbentuk bulat dapat membuat ruang makan tampak lebih luas dan fleksibel.

Meja makan ini merupakan pilihan paling efisien untuk ruang makan yang mungil dengan jumlah anggota keluarga yang tidak terlalu banyak.

Meja Makan Pendek Sebagai Alternatif

Selain rumah yang kecil, terkadang langit-langit rumah kita juga terasa rendah karena keterbatasan lahan. Jika tidak rendah ruangan juga akan tetap terlihat terasa kecil. Alternatif yang baik dari permasalahan ini adalah menggunakan meja makan yang pendek.

Pilih kursi dan meja yang tidak terlalu tinggi untuk ruang makan. Ruangan akan terasa lebih luas karena tidak menghalangi pandangan di dalam ruangan. Selain itu, desain ini akan memberikan kesan modern di rumah.

Gunakan Kursi yang Minimalis di Ruang Makan

Selain meja sebagai barang yang wajib hadir di ruang makan, tidak lengkap rasanya jika tidak ada kursi. Pada ruang yang mungil, furnitur yang minimalis sepertikursi makan minimalis bisa menjadi alternatif.

Kursi makan tanpa pegangan yang biasa disebut dengan kursi tool, bisa menghemat ruangan di ruang makan. Pilihan lain selain menggunakan kursi tanpa pegangan atau senderan adalah kursi panjang.

Jangan Anggap Remeh Furnitur Multifungsi

Memilih furnitur untuk ruang makan mungil memang harus dipikirkan dua kali. Selain ruangan yang terbatas, desain furnitur juga perlu dipertimbangkan. Kini segala hal harus tampak lebih simpel dan memiliki fungsi yang lebih baik. Cara yang paling efektif untuk menata ruang makan mungil adalah dengan menggunakan furnitur multifungsi.

Dengan menggunakan furnitur berfungsi ganda, kita telah menghemat ruang dengan sangat cerdik.

Author: mangade